Posted by : HIMAPPTA November 19, 2015



Kemajuan teknologi semakin hari semakin berkembang, begitu pula dengan internet. Internet dikenal sebagai sarana yang tidak mengenal aturan, dalam artian yang berarti bebas. Di internet, semua orang bebas berinteraksi, bertukar pesan, bertindak, bahkan berkreasi. Namun, dalam kebebasan tersebut, bukan berarti pengguna internet bebas melakukan apa saja yang diinginkan. Penting bagi kita untuk mengetahui etika-etika dalam ber-internet agar dapat menghindari hal-hal yang tidak diinginkan. Dilihat dari buku-buku mata pelajaran teknologi, informasi, dan komunikasi atau yang lebih dikenal dengan singkatan TIK, mulai dari SD, SMP, hingga SMA dan sederajatnya tidak saya temukan satu pun buku yang membahas tentang etika ber-internet. Semua yang ada didalamnya adalah Microsoft World, Exel, Powerpoint, pengenalan internet, dan semacamnya. Mungkin ada buku pelajaran yang membahas tentang etika ber-internet, tetapi saya rasa jarang ditemukan. Oleh karena itu, penting untuk guru dan orang tua agar mengajarkan dan mengawasi anak-anak menjelajahi internet.
Kenapa saya katakan penting? Tidak sedikit kasus yang terjadi di internet yang disebabkan oleh kurangnya etika dalam ber-internet. Internet, khususnya media sosial bersifat umum. Semua tulisan yang dikirimkan kesana dapat dibaca oleh banyak orang. Jika tulisan yang dikirimkan tersebut tidak diterima oleh orang-orang, maka penulis lah yang akan menerima dampaknya. Oleh karena itu, penting untuk mengetahui etika-etika dalam ber-internet.



1. Menggunakan bahasa yang baik dan benar
Seperti yang kita ketahui, bahasa Indonesia di dunia internet telah "berevolusi" menjadi bahasa yang unik, atau biasa dikenal dengan istilah alay. Hindari menggunakan bahasa yang sulit dimengerti oleh orang lain, seperti singkatan yang berlebihan, penggabungan huruf dan angka, hingga  merubah berbagai huruf. Contoh: "H4y, pa kbr, sob? har1 nie ente keliatan kvlt bnget deh, pokok'nya kvlt sogg!" yang artinya " Hai, apa kabar sob? Hari ini kamu kelihatan coll banget deh, pokoknya cool sob!" Boleh-boleh saja menggunakannya, namun ketahui tempat dan posisi dimana harus menggunakannya.

2. Sopan
Di dunia nyata maupun internet, perlu adanya kesopanan. Dengan sopan, kamu bisa dihargai oleh orang lain.

3. Hati-hati dalam menggunakan huruf kapital
Secara umum, huruf kapital dalam keseluruhan teks diartikan bahwa penulis sedang marah. Berhati-hatilah menggunakan huruf kapitall. Selain marah, huruf kapital juga dapat digunakan sebagai penegasan. Contoh: "Sudah saya katakan, pendaftaran online SUDAH DIUTUP!"

4. Tidak mencantumkan konten dewasa tidak pada tempatnya
Ini adalah hal yang sering saya temui di media sosial, konten dewasa. Hindarilah mencantumkan konten dewasa secara terbuka, karena pengguna internet kebanyakan adalah anak dibawah umur. Untuk orang tua, agar dapat mengawasi anak-anak anda dalam menjelajahi internet, khususnya media sosial yang bersifat umum. Tidak jarang, konten-konten dewasa terselip diantara konten-konten hiburan.

5. Hormati perbedaan ras, suku, dan agama
Mungkin salah satu topik permasalahan yang paling umum ditemukan di internet adalah perbedaan ras, suku, dan agama. Cobalah untuk saling menghormati dan tidak mencela satu sama lain.

6. Hal-hal dan konten pribadi, kirim saja lewat pesan pribadi(private message)
Jika dalam sebuah diskusi, kamu ingin menanyakan atau mengajukan suatu hal yang bersifat pribadi, hubungi saja langsung orang yang bersangkutan melalui pesan pribadi untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan. Karena bisa jadi hal-hal pribadi tersebut dapat membahayakan kamu sendiri. Seperti yang diketahui tadi, internet bersifat umum, dan artinya tulisan kamu dapat dibaca siapa saja.

7.Cantumkan referensi
Jika kamu menyalin, mengutip, atau menggunakan konten dari penulis lain, harap mencantumkan referensi atau sumber konten tersebut berasal. Hal tersebut bertujuan untuk menghormati pemilik konten.

8. Hindari keluar dari topik pembahasan
Dalam forum diskusi atau forum-forum lainnya, hindarilah keluar dari topik pembahsan. Disamping mengganggu pengguna lainnya, anda juga mendapat pandangan buruk karena melenceng dari topik yang dibahas. Jika ingin membahas topik yang anda inginkan, carilah forum yang sesuai dengan topik yang anda inginkan tersebut.

Demikian etika-etika dasar yang harus diterapkan dalam ber-internet untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan . Disarankan juga untuk kamu, agar tidak terlalu membeberkan informasi pribadi ke internet, serta berhati-hati dalam bertransaksi di internet. Karena tidak jarang penipuan dan pemalsuan identitas yang mengatas namakan orang lain terjadi. Demikian artikel ini, semoga bermanfaat untuk kita semua.

Leave a Reply

SIlahkan berkomentar atau berdikusi disini.

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

- Copyright © 2013 HIMAPPTA - Shiroi - Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -


Published By Btemplateseo