Posted by : HIMAPPTA October 28, 2015

"Kami poetra dan poetri Indonesia, mengakoe bertoempah darah jang satoe, tanah Indonesia.
Kami poetra dan poetri Indonesia mengakoe berbangsa jang satoe, bangsa Indonesia.
Kami poetra dan poetri Indonesia mendjoendjoeng bahasa persatoean, bahasa Indonesia."


Sumpah Pemuda, yang merupakan keputusan Kongres Pemuda Kedua yang diselenggarakan dua hari, 27-28 Oktober 1928 di Batavia (Jakarta). Keputusan ini menegaskan cita-cita akan ada "tanah air Indonesia", "bangsa Indonesia", dan "bahasa Indonesia". Keputusan ini juga diharapkan menjadi asas bagi setiap "perkumpulan kebangsaan Indonesia" dan agar "disiarkan dalam segala surat kabar dan dibacakan di muka rapat perkumpulan-perkumpulan".

Talangpadang, 28 Oktober 2015, untuk pertamakalinya dalam kurun waktu 20 tahun terakhir mengadakan upacara memperingati "Hari Sumpah Pemuda". Dibawah pimpinan ketua pelaksana, Yoni Gustirandika dan dukungan dari teman-teman HIMAPPTA semua, khususnya HIMAPPTA cabang SMK Talangpadang, upacara memperingati "Hari Sumpah Pemuda" SUKSES dilaksanakan.
Dengan dilanjutkan dengan aksi Long March yang penuh semangat dan perjuangan.
Tentu saja, semua  itu berawal dari perjuangan, usaha, dan susah-payah semua anggota yang bekerja.
Tidak mungkin, dan tidak akan mungkin sesuatu yang digapai, tidak membutuhkan pengorbanan walau sedikitpun. Begitu pula dengan teman-teman HIMAPPTA, yang terus berjuang tanpa henti, mengorbankan waktu mereka, tenaga mereka, pikiran mereka, dan bahkan materi yang mereka miliki untuk mensukseskan upacara memperingati "Hari Sumpah Pemuda" ini. Setelah melewati perjalanan panjang yang melelahkan, hari-hari penuh perjuangan, penuh pengorbanan, dan bahkan melampaui ketidakpastian. Namun, semua perjuangan kami ini tidaklah sebanding, tidak sekeras, dan tidak sebesar perjuangan pemuda-pemudi pada tahun 1928 yang berpuncak pada 27-28 Oktober. Mereka mengorbankan segala yang mereka miliki untuk menyatukan bangsa kita ini, bangsa yang besar ini, bangsa yang terbagi atas banyaknya suku, ras, dan agama ini. Karena itulah, kita harus terus, dan terus mengenang perjuangan mereka. Tidak cukup hanya mengenang, kita harus melanjutkan perjuangan mereka yang telah membawa kita kedepan gerbang kemerdekaan ini. Karena itu, mari kita masuk kedalam pintu kemerdekaan tersebut, dan merubah bangsa ini menjadi bangsa yang lebih baik.
Berikut beberapa foto momen-momen upacara dan Long March memperingati "Hari Sumpah Pemuda" yang dilaksanakan di lapangan Tangsi, Talangpadang.




Comments
8 Comments

{ 8 komentar... read them below or Comment }

SIlahkan berkomentar atau berdikusi disini.

- Copyright © 2013 HIMAPPTA - Shiroi - Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -


Published By Btemplateseo